Lagu adalah Ruang Memori

Banyak hal yang bisa kita ingat ketika mendengarkan sebuah lagu. Mungkin satu memori. Atau banyak peristiwa yang berhubungan dengan lagu tersebut. Kalo kata anak-anak BBM circa 2012, kalo dengerin lagu mah kalo seneng dengerin melodinya, kalo lagi sedih dengerin liriknya YEGAK. Terus akhirnya mereka ganti status mereka berdasarkan lagu yang diputer. 

APALAGI JAMAN JAMAN THE MAN WHO CAN'T BE MOVE YEGAKKK. Sumpah dulu gue ngga tau siapa mereka (lyk seriously?!?!) dan lebih memilih istiqomah menunggu album terbaru dari Geisha di mana gue dulu ngefans bingg0 sama mereka. Dan fun fact aja buat kamu kamu pembaca setiaku, aku sedih ketika Momo Geisha sekarang sudah menikah (!!!)

Kadang ada beberapa lagu yang ga kita sadar, tiba-tiba keputer dan sangat membuat nyes di jiwa. 

The A Team-Ed Sheeran

Gue langsung teringat ketika sebuah pagi di kelas 8 SMP, menunggu macet di bilangan Mayestik. Saat itu, gue mau melakukan pelatihan untuk Olimpiade Biologi. Cahaya oranye matahari menerpa kulit gue dan gue tidak pernah sebahagia itu saat SMP. Bisa bolos sekolah, membawa handphone (SMP gue ga boleh bawa hape kamera orang gila mana yang bisa?!?!!), dan pulang cepat karena jam 2 sudah bisa langsung pulang ke rumah.

Tentang Seseorang-Anda

Gue baru tau lagu ini ketika kelas 12 akhir. Gue sangat suka lagu ini ketika saat itu. Karena, liriknya yang terlampau melankolis dan melodi serta suara dari penyanyinya yang sangat mendayu-dayu perasaan. Pada saat itu gue sedang ada di fase yang kurang baik dengan mantan. Gue waktu itu berharap ingin memperbaiki semuanya cuma apa daya.

Chasing Cars-Snow Patrol

Pertama kali mendengarkan ini di sebuah siaran radio sore. Terlalu banyak yang gue ingat dengan lagu ini. Entah orang-orang yang berseliweran, atau kenangan yang menerabas di dalam pikiran. Apalagi dulu kalau rindu dengan orang yang salah di jam 2 pagi dan radio memutar lagu ini. Bawaannya pengen garuk-garuk tanah.

Somewhere Only We Know-Keane

Seseorang yang pernah berarti yang selalu membuat gue terkenang akan lagu ini. Kadang suka tertawa aja kalau ingat lagu ini. Padahal, lagu ini cukup sedih (WEH SEDIH MAMPUS INI APALAGI KALO LO PUTER DI PERPISAHAN SMA). Dengan tingkahnya dulu suka bikin ketawa ya kadang membuat makna lagu ini memudar, atau bahkan mendalam.

Cinta Kita-Amy Search

Gue suka menyanyikannya bersama teman ketika karaoke. Tiap karaoke, dengan keadaan hati (dan dompet tentunya) yang berbeda-beda. Dan ketika lagu ini diputar, hasrat untuk berdiri di atas kursi dan menjadi rocker gadungan selalu gak terbendung. Banyak karaoke yang telah dilewati. Dengan kondisi yang berbeda. Kadang gue sendiri, teman gue sendiri, atau kita semua sendiri. Yang pasti, yang gak gue lupa adalah kesenangan ketika lo bernyanyi di karaoke selalu meluap-luap.

Mungkin itu aja beberapa lagu yang terlintas di otak. Maaf ya kalau tulisannya jelek. Pengen nulis cuma ngantuk dan besok ada kelas jam 9 pagi. Dosennya nggak jelas pulak, nentuin tanggal uts udah kaya nentuin tanggal belanja bulanan aje.

Tapi yang pasti, tiap lagu memiliki ruang sendiri. Baik di hati, pikiran, atau ingatan. Kadang ketika mendengarkan sebuah lagu saja, perasaan yang jelas itu selalu terekam. Rasa sakitnya, rasa senangnya, atau rasa sedih yang mengharu biru. Ruang yang gak bisa lo hampakan dengan apapun caranya, ruang yang akan selalu mengganggu di sudut pikiran lo tiap malam ketika terdiam. Ruang yang memiliki tokoh, alur, dan akhir yang berbeda-beda. Ruang yang gue harap, hanya memberikan kenangan yang membahagiakan ketika lagu yang cocok terputar. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Topik Nggak Penting Tapi Penting: Mini Heart Attack

Emangnya Cinta Butuh Alasan?

Teman-Teman Gahul