Tips Mudik ala admin

Hai pembaca, kembali bersama admin afifiswandi. Hari ini 21 Agustus/21 Ramadhan 1432 H. Dan, pasti sebentar lagi bakalan menjelang musim mudik 2011. Dan, ada beberapa tips gak penting dan agak berguna buat para pembaca yang ingin mudik. Dan ada beberapa tips dan akan gue bahas satu persatu.

1. Persiapkan badan dengan baik

Kebiasaan masyarakat Indonesia, mudik pagi hari setelah sahur atau larut malam setelah tarawih. Keluarga gue memutuskan untuk mudik di pagi hari, bukan setelah sahur tapi sekitar jam 9. Karena, setelah sahur kan ngantuk. Terus, kita perlu istirahat bukan? Jadi, kita istirahat dulu dan jam 9 ciao. Berangkat deh.

2. Persiapkan Mental

Biasanya, pada saat mudik SANGAT SANGAT MACET. Dan gue pernah mengalami itu, berangkat jam 21 dan sampe di kampung halaman jam 23 keesokan harinya-_- jadi, bagi para pembaca yang ingin mudik harus mempersiapkan mental. Karena, kita gak tau kondisi apa yang terjadi di jalanan.

3. Perbekalan

Bagi yang mau berpuasa, sahur dulu ya. Atau ketika waktu sahur di jalanan, usahakan berhenti di pinggir jalan dan makan sahur. Kalau bisa sekalian nunggu subuhan aja. Bagi yang gak mau berpuasa , yaudah bawa perbekalan yang cukup kalau males berhenti-berhenti di jalan. Dan, ada beberpaa tips lagi. Cari restoran yang bagus ya, biasanya kalo restoran yang gede tapi sepi, makanannya gak asik dan toiletnya menyeramkan. Dan, jika kita udah terlanjur masuk ke restoran itu, pastikan ya kebersihannya.

4. Istirahat

Bagi para pengemudi, harus istirahat yang cukup karena perjalanan jauh yaa. Menurut sumber yang terpercaya (peta mudik gratisan di Gramedia), kita harus istirahat 4 jam sekali. Minimal leyeh leyeh atau memejamkan mata barang beberapa menit. Dan, insya Allah badan lebih fresh untuk melanjutkan perjalanan.

5. Pastikan kondisi kendaraan siap

Kadang, kecelakaan terjadi karena kelalaian pengemudinya, namun juga ada karena kondisi kendaraan yang kurang baik. Contohnya bus, remnya ada yang blong, dan macam-macam. Dan, pastikan juga sebelum mudik kita check keadaan kendaraan kita. Harus fit dong buat perjalanan jauh. Dan buat para pengendara motor, jangan lupa. Boncengan jangan banyak banyak orang. Terus pake helm nya yaa biar selamat.

6. Berdoa

Ini yang paling penting, jangan lupa berdoa sebelum memulai perjalanan ya. Supaya Allah meridhai kita jalan. Apa gunanya kalo semua persiapan kita lakukan kalo belom berdoa?

Demikian posting di hari ke 21 Ramadhan. Semoga mudik kalian pada lancar semua ya!

See You

Admin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Topik Nggak Penting Tapi Penting: Mini Heart Attack

Emangnya Cinta Butuh Alasan?

Malming Suram