Mudik Part I

Temans, sebelum liburan lebaran selesai beberapa waktu yang lalu. Gue bersama keluarga ke kampung halaman tercinta, di Cepu perbatasan Jateng-Jatim. Bagi yang gak tau, gue maklumi saja. Iya iyalah, kan disitu lumayan terpencil. Disana terkenal karena tambang minyaknya, dan disana puanase pol!

Berangkat pada H-2 lebaran, dan kebanyakan media memprediksi bahwa puncak arus mudik dimulai pada... H-2. Oemji sensasional banget ya. Sebelum berangkat, gue yang biasanya habis sahur tidur gak bisa tidur. Nervous gitu deh *apabangeud*. Dan, gue mengecek beberapa website yang berisi tentang laporan lalu lintas di jalur Pantura. AMPUN DJ macet ajah. Nyerah deh. Bokap marah pas gue ngeliat itu, kenapa? karena dia takut hal itu terjadi. Yaampun papah-_-"

Berangkat jam 10 pagi. Dengan iringan doa restu, pembagian duit, dan titip rindu buat yg dikampung kita berangkat. Bismillah... Di Tol Cikampek lancar jaya! Lebih lancar dari Tol Cikampek H-0 Lebaran. Namun, pas keluar Tol dan menuju Simpang Jomin, baru deh yang namanya puncak arus mudik terbukti. Lalu lintas dialihkan ke Simpang Mutiara. Oke kita terima-terima aja, tapi nyeseknya... Kendaraan dibelakang gue itu boleh langsung, dan pas kita mau mundur gak boleh. Jadi, selama 2.5 jam berkutat dengan kemacetan menuju Simpang Mutiara. Akhirnya, sampai juga di bawah fly over Simp. Mutiara. Ternyata jalannya kecil banget. Pantes aja macetnya menguler gitu.

Sekitar jam 2, kita berhenti di Subang buat sholat Dzuhur. Disana, banyak yang gak puasa karena beralasan musafir. Gue sih kurang setuju, karena ini kan udah jaman sekarang. Mobil enak, dan bus nyaman. Kalau yang naik motor sih gue maklum aja, disana tuh panas banget. Setelah sejenak bergelimpangan di karpet mesjid, kita melanjutkan perjalanan. Macet deh pokoknya. Menjelang maghrib waktu Cirebon, kita berhenti di Restoran Pringsewu. Kebetulan, waktu berbuka udah masuk. Kita langsung beli minuman, dan membatalkan puasa. Alhamdulillah...

Lanjut deh, menurut pantauan twiddah jangan lewat Tol. Itu macet. Akhirnya, kita lewat Tol PaliKanci, tapi gak lanjut ke Kanci-Pejagan. Emang sih lancar, tapi langsung aja pas pertemuan arus antara yang keluar dari Kanci-Pejagan dan lewat jalan alternatif macet. Jam menunjukkan pukul 7. Gue ngantuk banget, akhirnya jatuh tertidur *ea bahasanya puitis abis*

Jam 12 gue terbangun, sampai di Kota Tegal. WHAT??! CIREBON-BREBES-TEGAL KAN CUMA SELEMPARAN TISSUE? Kok bisa sampe 5 jam?! Total perjalanan Jakarta-Tegal: 14 Jam. Bused. Mengapa Cirebon-Brebes macet? Menurut bokap gue, banyak kendaraan terutama roda dua mengantri di spbu buat istirahat dan melepas lelah. Akhirnya, kendaraan menguler dan umpel-umpelan. Di Tegal, kita pilih Hotel Karlita, salah satu hotel yang ternama disana. Akhirnya, sekitar jam 12.30 gue-mama-dan adek beli mie gerobak yang di luar hotel. Bokap istirahat dong pastinya. Akhirnya, jam setengah 2 gue tidur.

Jam 3:30 kita dibangunin sama staff hotel, sahur, nungguin subuh, subuhan dan akhirnya tepar lagi deeh. Jam 9 bangun, berangkat dan siap-siap. Jam 10 sudah siap. Di jalan lumayan lancar, lancar banget malah. Jam 3 sore sampai di semarang dan ke Citraland dulu beli Hokben buat buka puasa dan oleh2 buat eyang :D

Kita lewat jalur alternatif Randu Blatung. Menuju ke sana ribet, dan serasa gak selesai-selesai. Dan, di Randu Blatung jalanannya kaya abis kena badai gitu grodak graduk. Untung aja pemandangan disana keren, gue foto-foto aja lewat jendela mobil. Akhirnya sampai di Cepu jam 6 sore. Temu kangen sama eyang, main main dan nonton siaran lagsung tentang sidang isbat 1 syawal. Ternyata, lebaran di undur 1 hari. Ampun deh, eyang gue udah masak ketupat gimana nih? Cape deh=-=

Hari terakhir puasa agak mbosenin, sodara gue udah dateng semua. Dan ternyata, gue batuk semaleman. Kenapa? Mungkin karena alergi sama kasur kapuk.

Bersambung...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Topik Nggak Penting Tapi Penting: Mini Heart Attack

Emangnya Cinta Butuh Alasan?

Teman-Teman Gahul