SALAM Cigombong

Hai teman! Apa kabar? Gue harap kabar kalian baik-baik aja ya. Sekarang gue akan menceritakan tentang pengalaman kelas 8 melaksanakan Salam atau yang disebut Pesantren Alam/Pesantren Akhlak Mulia.

"OH MI GOD! Lu alim banget sampe mau ngikut beginian?"

Wey! Yang nanya tadi siapa wey! Pengen gue giling banget. Mari kita lanjutkan. Setelah kegiatan packing yang membuat sport jantung, abis itu gue khawatir aja kalo telat. Jadilah, gue mesen ojek dan gue bela-belain bangun jam 4:30 pagi-_- padahal gue biasa bangun jam 5:30. Intinya, gue selesai mandi jam 6:50 dan langsung ke sekolah. Singkat cerita, bus berangkat pukul 6:35 (sekitar itu) dan disepanjang jalan gue duduk di belakang pak sopir dan kaki gue mentok. Tempat duduk sebelah gue Kemal, dan di kooridor sebelah itu ada Bu Nala.

Di dalem bus, itu diputer lagu ST 12 dan band band Indonesia yang populer lainnya. Untung aja gak ada video klipnya gitu. Sesampenya disana, kita langsung disambut oleh tugas. Kita langsung naik ke Gazebo Tan'im dan ketemu kakak fasilitator kita. Namanya Kak Fahmi. Gue kita orangnya alim. Ternyata nggak terlalu juga ya. Gue agak kaget aja denger pengakuannya. Dia bekas narapidana dan buronan polisi. Sekarang taubat. Dan lebih mencengangkan lagi, dia dulu anak pesantren. Dan, dia mengenal kejahatan lewat pesantren juga. Nggak nyangka gue.

Kita harus turun kebawah ikut acara pembukaan. Sialnya gue ditunjuk jadi Ketua Kelompok. Acara dibuka. Dan, kira-kira ini denah Diklat Cigombong tersebut:

Habis itu sholat dzuhur dan makan siang. Ketua kelompok diambil alih sama Farrel. Ya Alhamdulillah ya gue berucap seneng dalam hati. Sehabis itu, jam sunyi. Jadi kita hanya beraktivitas di dalam asrama, yaitu tidur atau ngobrol ngalor ngidul. Kembali ke aula buat sholat ashar. Terus dikasih materi tentang makanan halal-haram. Langsung sholat maghrib dan makan malam. Kembali lagi ke aula buat sholat isya. Suwer deh, pinggang gue sampe pegel sendiri gara-gara duduk bersila kelamaan di mesjid. Gak biasa kali ya. Langsung skip ke waktu sunyi.

Semuanya masih pada heboh tereak-tereak gue nguap nguap sendiri. Mungkin karena sebelum kejadian itu gue minum obat pusyeng. Biasa anak alay, kena ujan dikit udah keleyengan. Jam 22:30 gue tidur. Sekitar jam 01:00 gue bangun. Ada yang mau pipis. Dan ada yang ngorok. Syethan! Kenceng banget itu yang ngorok. Gue sampe bangun yaampun-_-"". Jam 03:00 dibangunin. Dingin banget ya Cigombong. Gue 3 lapis baju masih aja kedinginan. Sholat tahajjud di atas, dan sholat subuh di aula. Akhirnya ada pengumpulan dana. Alhamdulillah terkumpul sekitar 4.399.000.

Paginya olahraga, sarapan, sholat dhuha dan outing! Outing disini bukan outbond. Mainan yang mengkombinasikan antara otak dan otot. Disana, kita bermain macem-macem. Kita cuma menang di menyusun jembatan. Sisanya, jangan tanya. Kalah bung!

*lempar sendal*

Gue baru inget hari itu hari Jumat. Kita Sholat Jumaaat. Dan disunnahkan mandi. Gue sebenernya agak males mandi ya, sunnah ini kok *astaghfirullah* *hush fi, ngomongnya!* *lempar lembing* mau nggak mau gue harus mandi... Dan, gue mandi ala bebek super. Kenapa? 5 menit gue udah selesai. Biasanya gue 30 menit baru selesai. Selama mandi gue digedor. Yaampun. Untung aja nggak terlalu menyedihkan seperti dulu. Selesai mandi, langsung ke mesjid Sholat Jumat terus makan siang.

Setelah itu, waktu sunyi lagi. Diem diem aja ngobrol dan tidur tiduran ala anak anak tablo. Langsung ke sholat ashar, mendapatkan materi tentang mengrus jenazah. Sholat maghrib lalu makan malam dan sholat isya. Gue jadi petugas pembaca do'a. Allahuakbar jantung gue serasa mau copot-_-. Untung aja doa gue berjalan dengan lancar. Abis itu ada Sketsa/Drama tentang anak yang bandel. Abis itu dia gak lulus dan orang tuanya kecelakaan. Abis itu ada yang muhasabah. Gue gak nangis, cewek cewek nangis sesenggukan sampe ada yang batuk batuk heboh gitu.Habis itu tidur, gue langsung tepar.

Jam 3:00 seperti biasa. Langsung menuju ke Aula. Sholat tahajjud. Setelah itu subuhan, abis subuhan ada pemilihan Duta Salam. Gue dipilih dari kelompok I. Gue bingung dan kelabakan. Aaduuh.. Akhirnya gue kalah. Ya lah gue kelompok I gak ada persiapan gitu. Makan pagi-Sholat dhuha- Lalu olahraga. Gue berpasangan dengan Rizky Nugraha. Teman-temannya memanggilnya 'kicul'. Singkatan dari Kiki Culun. Gue panggil dia Kiki aja. Kasihan *eaea.Terus makan pagi, sholat duha dan hiking! Kita menuju sekitar kaki Gunung Salak.

Hikingnya seru loh. Gue berkali kali kepleset dan jeblos di sungai. Kaki basah dan kena lumpur. Elit banget. Sungguh elit. Dan, setiap ketemu orang harus bilang, "Punten.." dijawab, "Mangga". Orang sekitar tanya, "Kan sekolah islam, kok gak pake assalamualaikum?" Yaudah abis itu kita tambahin, "Assalamualaikum, punten..." sambil senyum senyum manis muka merunduk menjijikkan.Yasudahlah, abis itu lewat kandang ayam yang baunya masya Allah. Terus ketemu pohon yang bentuknya 'Allah' gitu. Reflek gue bilang Subhanallah *anak alim mode ON*. Abis itu naik naik lagi dan kembali ke Diklat Cigombong.

Mandi lagi. Sayangnya, semua udah rame dan GAK ADA GAYUNG! Bayangin. Akhirnya gue nge-tag kamar mandi dan minjem gayung dari sebelah gue. Untungnya gue gak nyanyi goyang gayung yang super duper menjijikkan itu. Awch.Setelah makan siang, sholat dzuhur. Kita pamitan. Agak agak mengharu biru sih. Kemal dan Jenni menjadi Duta SALAM! Selamat yah kalian berdua. Semoga visi misi kalian yang cemerlang dapat dilaksanakan di Alba *mata kedip 1234x*. Jenni baca al-Quran dia mendapatkan surat al Hujurat gitulah. Akhirnya jenni menerapkan bacaan seni baca al-Quran bersama pak ustad setiap senin pagi ahahehe.

Naik bis, ternyata kurang 2 orang! Akhirnya mereka naik mobil Pak Muhaimin (wakepsek). Terus selama perjalanan macet, gue hitung ya sekitar  20 lagu kompilasi antara St 12, Wali, dan Iwan Fals. Abis itu pak sopir yang bernama Oom Robin memuter lagu luar negeri. Rata-rata cuma klip karaoke aja. Banyak yang cewek-cewek berbaju minim berseliweran di layar. Auh mata sopanku gak terbiasa melihat itu *eaea. Terus, langsung dipindah ke lagu lain. Ada juga lagu yang telah memenuhi sensor dan itu sangat-sangat menggugah hati mengharukan mencengangkan... yaitu:

Pepito (Mi Corazon) 

Oemji. Gue sangat sangat terharu mendengarnya. Dhika gak tahan pipis. Akhirnya dia pipis di dalem botol. Aduh mamak menjijikkan-_- abis itu sampe di Alba jam 17:00 langsung pada berebutan ke WC. Gue ketemu mamanya Kemal dan Odi, mamanya Odi kaget dengan tumbuh besarnya badan gue. Ternyata Om Parto udah ambil koper. Gue akhirnya pulang dengan riang gembira. 

See Youu 
Bye! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Topik Nggak Penting Tapi Penting: Mini Heart Attack

Emangnya Cinta Butuh Alasan?

Teman-Teman Gahul