Hari Ibu


HAI READERS!!! Apa kabarnya? Baik-baik kan? Semoga kabar kalian baik-baik aja ya. Mari kita mulai postingan kita hari ini.

Hari Ibu di Indonesia agak berbeda. Kalo di Indonesia tanggal 22 Desember, kalo di luar negeri beda lagi. Kenapa tanggal 22 Desember? Menurut gue ya, 22 Desember itu diambil dari tanggal Kongres Perempuan Indonesia. Dan sama pemerintah ditetapkannya tanggal 22 Desember.

Hari Ibu pasti dikaitkan dengan perempuan (ya iyalah. Ajigile lu). Dan kali ini akan gue bahas tentang perempuan yang sangat berjasa di hidup gue *oke I know you say, “Klise lu.” But it is real*. Yaitu nyokap gue.

Nyokap gue atau yang biasa gue panggil dengan ‘Mama’ dan adek gue panggil dengan panggilan yang agak kurang lazim yaitu ‘Mbu’ bernama lengkap Chomsiatin Purnaningrum. Di kantornya biasanya dipanggil Bu Arum, Mami, Mbak Arum, atau yang paling parah yaitu Mbak Agnes *gue juga gak tau kenapa dia manggil nyokap gue begitu*. Dan kalian dapat panggil dia Tante Arum/Bude Arum/Aunty Arum/apalah itu.

Dia menikah sama bokap gue tahun 1997. Dan, melahirkan gue pada 3 Maret 1998. Ya, gue tau gue dilahirkan pas jaman harga lagi naik-naiknya ya. Dan, dia merawat gue sampai sebesar ini *ya ya ya gue tau kalo badan gue besar*.

Banyak temen gue yang berantem sama Nyokapnya. Bilang nyebelin lah, ngeselin lah, pelit lah, galak lah, bacot lah, dan sederet kata-kata kasar yang lain. Heei! Gue kurang suka apa yang lu bilang tentang ibu lu.

Gue tau dia kadang-kadang kaya gitu. Tapi ya kenapa harus sampe kaya gitu? Kalian lahir dari mana? Yang ngerawat, yang nyusuin, yang mandiin siapa? Jangan mengelak dengan, “Gue dirawat baby sitter kok.” Kenapa kaya gitu? Soalnya mereka hadir setelah ibu kalian full merawat kalian di hari-hari/bulan-bulan/bahkan tahun-tahun pertama kehidupan kalian. Dan ingat, ibu bertaruh nyawa di kelahirannya. Bahkan guru gue bilang, “Kalo ibu kalian habis melahirkan jangan disuruh tidur dulu. Dia bisa ‘lewat’.” Kenapa? Karena dia udah lelah, capek, dan jangan sampe nggak sadar. Dia harus 100% sadar sampai kekuatannya perlahan-lahan pulih dan dia bisa beristirahat. Masih mau ngatain Nyokap lu ngeselin?

Nyokap lu larang lu berpergian. Bisa aja dia kangen sama lu, bisa aja dia pengen bercandaan sama lu. Banyak dari temen-temen gue sejak adanya telepon pintar bernama BlackBerry jadi kaya autis gitu. Tiba-tiba jadi anti sosial. Nggak sama temen, bahkan sama ibu sendiri. Lu ditanya, “Udah makan belum, Nak?” kalian nggak jawab. Sampe-sampe ibu lu bentak lu. Pas dia bentak lu, lu baru nyadar. Dan lu bales dengan jawaban yang nggak kalah ketusnya. Dia ngelarang lu berpergian mungkin juga karena lu sering jalan sama temen-temen ketimbang sama keluarga sendiri. Coba kalian bandingin, porsi jalan-jalan kalian sama temen-temen dibanding sama keluarga lebih banyak yang mana?

Nyokap lu pelit. Bisa aja dia emang lagi kesulitan keuangan. Atau nggak, dia membiasakan lu hemat. Jangan terlalu beranggapan negatif. Kalian dari kecil, dikasih makanan bernutrisi baik, susu pertumbuhan yang baik. Harga makanan dan susu itu mahal loh. Orang tua kalian juga harus kerja keras sampe lembur buat biayayain sekolah kalian dan makan keluarga kalian. Masih mau kalian tambah? Kalo menurut gue boleh, tapi jangan terlalu sering.

Nyokap lu bacot. Ibu mana sih yang nggak sayang sama anaknya? Bisa aja dia menyalurkan kasih sayangnya lewat segudang larangan-larangan yang membuat lu kesel. Nyokap lu cerewet karena dia sayang. Nggak pengen anak-anaknya bahaya karena melanggar aturannya.
Gue liat, setelah sholat nyokap gue selalu berdoa. Dan gue pernah liat dia berlinang air mata. Gue yakin, orangtua-orang tua yang lain pasti juga sering nangis. Itu juga mendoakan kalian. Kalian pernah nggak sehabis sholat doa buat orang tua? Gue ngaku, sehabis sholat gue gak selalu doa. Tapi gue akan berusaha, menyempatkan diri buat mendoakan kedua orang tua. Ingat, doa mereka gak akan pernah habis buat kita.

Mama gue selalu nyempatin diri buat dateng ke kamar gue kalo gue lagi sibuk. Nyokap gue bilang, “Kak… ke kamar belakang ya.” Gue jawab, “Kenapa ma?” dia jawab dengan jawaban yang pendek, “Mama kangen…” Mama gue juga kalau pulang malem selalu mengusahakan nelpon gue dan mengabarkan kalo gue pulang malam.

Dia juga orang yang narsis, fotonya bertebaran di bbm dan kadang-kadang suka galau sendiri. Punya koleksi novel roman picisan yang banyak banget. Lebih banyak dari gue yang udah bersusah payah ngumpulin buku dari kelas satu SD… gak pernah hapal lagu secara full dan dia juga suka masak-masak. Suaranya bagus, pernah jadi vokalis band.
Demikian posting ini gue buat. Sekali lagi, selamat hari ibu. Cintai ibu kalian bagaimanapun dan apapun keadaannya. Karena cinta dia terhadap kita gak akan pernah habis dan selalu tulus dari hati.

Bye! J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Topik Nggak Penting Tapi Penting: Mini Heart Attack

Emangnya Cinta Butuh Alasan?

Teman-Teman Gahul